Penerapan Metode Course Review Horay dengan Menggunakan
View/ Open
Date
2014Author
Intan Kusuma Nagari, Nagari
Chumi Zahroul Fitriyah, Fitriyah
Rahayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Kebaman Banyuwangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode
Course Review Horay dengan menggunakan multimedia Adobe Flash untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas VA dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah .Permasalahan yang menjadi latar
belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media
pembelajaran, aktivitas siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, dan hasil belajar
siswa kelas V A masih tergolong rendah.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
terdiri atas 30 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan Metode Course Review Horaydengan menggunakan multimedia Adobe Flash
selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA di
SDN 4 Kebaman Banyuwangi. Pada siklus 1, peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 71,11% dan siklus II mencapai
81,48%. Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 10,37%. P ersentase hasil belajar siswa pada kualifikasi
memuaskan mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu yang semula 56,67% menjadi 80% mengalami peningkatan
sebesar 23,33% sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,67%, yaitu dari 80% menjadi 86,67%.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan Metode Course Review Horay dengan menggunakan
multimediaAdobe Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kebaman Banyuwangi
Collections
- SRA-Education [1352]