• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Scientific Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    INDAH NUR MASHITHA.pdf (254.3Kb)
    Date
    2015
    Author
    Indah Nur Mashitha
    Titik
    Muhtadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa merasa senang belajar dan tujuan pembelajaran tercapai termasuk dalam pembelajaran matematika. Untuk itu, guru harus menyiapkan secara matang semua kebutuhan sebelum pembelajaran matematika dimulai yang berupa perangkat pembelajaran. Salah satu penyebab siswa tidak menyukai pembelajaran matematika adalah keabstrakan objek matematika dan anggapan siswa bahwa matematika itu sulit, karena berkaitan dengan menghafal rumus dan berhitung. Salah satu cara mengurangi keabstrakan tersebut adalah mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa dengan tingkat berfikir ilmiah. Untuk itu, pendekatan Scientific diterapkan dalam pembelajaran matematika dan dijadikan dasar mengembangkan perangkat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan scientific tema bangga sebagai bangsa Indonesia materi volume kubus dan balok untuk kelas 5 SD. Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan tes hasil belajar yang berorientasi pendekatan scientific. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan tahapan-tahapannya adalah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan scientific tema bangga sebagai bangsa Indonesia materi volume kubus dan balok untuk kelas 5 SD yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: (1) valid; (2) praktis; dan (3) efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63336
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository