• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS II SDN DUKUHMENCEK IV SUKORAMBI, JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Luvita Richy D..pdf (504.2Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    LUVITA RICHY DWIJAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui pendekatan (contextual teaching and learning) CTL dengan menggunakan media benda konkrit pada siswa kelas II SDN Dukuhmencek IV Sukorambi, Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Dukuhmencek IV Sukorambi, tahun pelajaran 2011 dengan jumlah siswa 27 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan 2 siklus dan setiap evaluasi akhir. Data yang dikumpulkan melalui metode Tes, Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Dari hasil observasi pada siklus I bahwa dengan menerapkan pembelajaran Kontekstual diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 57,77 (lihat lampiran) dan ketuntasan belajar mencapai 48,14% atau ada 13 siswa dari 27 siswa yang sudah tuntas belajar sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 51,86%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang tuntas sebesar 48,14% sedangkan ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85 %. Hal ini disebabkan karena siswa masih asing dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual. Sedangkan pasa siklus II sudah mengalami peningkatan yang cukup baik bila dibandingkan dengan hasil pada siklus I. Dari Tabel dan Diagram dapat diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 74,81 dan ketuntasan belajar mencapai 81,48% atau ada 22 siswa dari 27 siswa sudah tubtas belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 81,48% (Termasuk katagori Tuntas). Hasil dari siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus II ini dipengaharui oleh adanya peningkatan kemampuan siswa mempelajari materi pelajaran yang telah diterapkan selama ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6332
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository