Pengaruh Penggunaan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SDN Kandangsemangkon Paciran Lamongan
View/ Open
Date
2014Author
Heru Prasetiyo
Sunardi
Titik Sugiarti, Sugiarti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kandangsemangkon Paciran Lamongan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research), dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 53 siswa yang terdiri dari kelas III-A dan III-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai pre-test post-test untuk kelas eksperimen adalah 31,7. Selanjutnya di kelas kontrol, didapat bahwa selisih nilai pre-test post-test sebesar 24,8. Pada kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Dari hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 2,240 > 2,008 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kandangsemangkon Paciran Lamongan.
Collections
- SRA-Education [1352]