• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMAN 1 TANGGUL

    Thumbnail
    View/Open
    AGI MA'RUF WIJAYA.pdf (280.4Kb)
    Date
    2014
    Author
    Agi Ma'ruf Wijaya, Agi
    Nurul Umamah, Nurul
    Sumardi., Sumardi.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran oleh pendidik yang kurang tepat. Pendidik menggunakan strategi pembelajaran yang kurang membuat peserta didik menjadi aktif. Akibatnya motivasi belajar rendah dan hasil belajar peserta didik belum mencapai ketuntasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sejarah dengan menggunakan strategi pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) pada peserta didik kelas X IPS 2 SMAN 1 Tanggul. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan bulan April-Mei 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 dengan jumlah sebanyak 31 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar. Motivasi belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh skor 2,81 dengan kriteria sedang, pada siklus 2 meningkat 0.63 dengan memperoleh skor 3,44 dengan kriteria tinggi, dan pada siklus 3 meningkat 0,37 dengan memperoleh skor 3,81 dengan kriteria tinggi. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh 70,96%, pada siklus 2 meningkat 6,45% menjadi 77,41%, dan pada siklus 3 meningkat 6,46% menjadi 83,87%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) dapat meningkatkan motivasi dan hasil  belajar sejarah  peserta didik kelas X IPS 2 SMAN 1 Tanggul.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63302
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository