Pengaruh Iklan Mie Sedaap Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember
View/ Open
Date
2014Author
Fajar Irawan, Bagus
Sularso, Andi
Indraningrat, Ketut
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor iklan terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap oleh konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember dan untuk menentukan faktor paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian Mie Sedaap oleh konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember yang membeli Mie Sedaap. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang menjadi responden sebanyak 90 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: a). dari 15 variabel yang diajukan, terbentuk 4 faktor iklan, yaitu: Faktor 1 terdiri dari Tema iklan, Relevan/masuk akal, Komunikatif dan Entertaining/ menghibur. Faktor 1 diberi nama faktor isi pesan. Faktor 2 terdiri dari :, Kredibiltas artis, Desain iklan, Kualitas Audio dan Kualitas Visual. Faktor 2 diberi nama faktor format pesan. Faktor 3 terdiri dari : Motivasi Iklan, Repetisi iklan, Argumentasi iklan dan Kesimpulan iklan. Faktor 3 diberi nama faktor struktur pesan. Faktor 4 terdiri dari : Daya tarik artis, dan Popularitas artis. Faktor 4 diberi nama faktor sumber pesan dan b).Faktor sumber pesan berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember terhadap Mie Sedaap.