• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Developing Listening Materials for Intermediate English Department Students in East Java: Maximizing Some East-Java Myth, Legends, and Folktales to Address the Issue of Character Building

    Thumbnail
    View/Open
    Riskia Setiarini_hb_59.pdf (260.6Kb)
    Date
    2015-08-31
    Author
    Riskia Setiarini
    Reni Kusumaningputri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi Listening sebagai materi yang mengukur kemampuan siswa dalam mendengar Bahasa Inggris dengan benar umumnya berasal dari materi impor, bukan materi lokal. Disisi lain, maraknya vandalisme yang dilakukan di kalangan akademisi, termasuk siswa, mendorong peneliti memasukkan materi lokal (mitos, legenda, dongeng lokal) khususnya dari Jawa Timur kedalam materi Listening. Oleh karenanya, penelitian yang berlandaskan pengembangan materi Listening yang berbasis muatan lokal ini dilaksanakan. Penelitian ini adalah riset pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan tahapan yang mencakup: studi teori dan referensi; studi temuan; pengembangan materi. Sedangkan, experts’(raters) judgement; revisi; field test draft materi; pengumpulan data try-out dan analisa data; revisi draft final akan dilaksanakan pada tahun kedua. Penelitian Hibah Bersaing tahun pertama ini menghasilkan buku ajar Listening for Intermediate Students yang dilengkapi dengan audio (rekaman). Dengan menerapkan development research ini, buku ajar listening ini menggunakan 14 Folklore Jawa Timur yang telah diseleksi berdasarkan tingkat familiaritas dan representasi tiap wilayah di Jawa Timur. Buku ajar Listening menawarkan beberapa potensi. Pertama adalah potensi penguatan karakter mahasiswa lewat teks prosa. Kedua adalah pendapat bahwa kebudayaan lokal harus menjadi tuan di negerinya sendiri seperti perspektif Teaching English as a Foreign Language dalam paradigma English as an International Language (EIL). Kata kunci: listening, teaching materials, intermediate students, east Java folklores, characters building
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63259
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository