Penerapan Fase-fase Pembelajaran Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas II SDN Dabasah 1 Bondowoso
View/ Open
Date
2014Author
Fitria Handayani, Handayani
Titik Sugiarti, Sugiarti
Nanik Yuliati, Yuliati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dabasah 1 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi bangun datar sederhana dengan penerapan fase-fase pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele pada siswa kelas II. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran masih bersifat konvensional, media atau alat peraga jarang digunakan, pembelajaran tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, serta aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 35 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan penerapan fase-fase pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hieke selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Dabasah 1 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan aktivitas siswa yaitu sebesar 61,07% dan pada siklus 2 mencapai 70,12%. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 9,05%. Pada siklus 1, skor rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 77 dan pada siklus 2 mencapai 81. skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa dengan penerapan fase-fase pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele pada pembelajaran matematika materi bangun datar sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Dabasah 1 Bondowoso.
Collections
- SRA-Education [1352]