PENERAPAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) BERBASIS RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI KELAS VII A SMP NEGERI 3 PASIRIAN TAHUN AJARAN 2013/2014
View/ Open
Date
2014Author
Diana Dwi K.T, Diana
Dinawati Trapsilasiwi, Dinawati
Arif Fatahillah, Arif
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Banyak komponen yang mendukuang, antara lain: guru, siswa, kurikulum yang digunakan dan lain-lain. Guru merupakan penentu keberhasilan suatu sistem pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memahami model, metode, setrategi, ataupun pendekatan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pemberian tugas dan resitasi. Kemudian untuk membangkitkan minat siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah diperoleh adalah dengan menerapkan teknik pencatatan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktifitas guru dari 90,91% menjadi 96,97% pada siklus I, 87,88% menjadi 90,91% pad siklus II. Sedangkan aktifitas siswa dari 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 54% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 81,8% siswa yang tuntas pada siklus II. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan peta konsep (concept mapping) berbasis resitasi dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa serta dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran dalam kelas.
Collections
- SRA-Education [1352]