Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Perubahan Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk mengkaji adanya pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini karena terdapat kejadian atau peristiwa yang tidak bisa diamati secara langsung karena waktu yang tidak memungkinkan dan juga benda nyata yang tidak bisa dijangkau untuk belajar langsung. Oleh karena itu digunakan video animasi sebagai media dalam pembelajarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan populasi IVA dan IVB. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan video animasi dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tingkat keefektifan relatif sebesar 88,16% dibandingkan dengan tidak menggunakan video animasi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 36,6333 dan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol sebesar 19,4688. Diperoleh ttest > ttabel (4,355 > 2,00) , dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso.
Collections
- SRA-Education [1352]