Penerapan Metode Bermain Peran
View/ Open
Date
2014Author
Anisa Haryati, Anisa
Misno A. Latif, Misno
Hari Satrijono, Hari
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tegalsari 04 Ambulu Jember mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tujuan
untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan metode bermain peran . Di SDN ini ditemukan
permasalahan bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah guru kurang melibatkan
siswa dalam pembelajaran sehingga siswa tidak terbiasa tampil berbicara di depan kelas. Selain itu, metode pembelajaran
yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian 22 siswa; terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. M etode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing satu
pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Tegalsari 04 Ambulu Jember
mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari 23% pada pra
siklus menjadi 49% pada siklus I dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 91% pada siklus II. Hal
tersebut membuktikan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbcara siswa kelas V
SDN Tegalsari 04 Ambulu Jember
Collections
- SRA-Education [1352]