Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi di SDN Kepatihan 06 Jember
View/ Open
Date
2014Author
Wahyu Hastuti, Dwi
Rahayu
Zahroul Fitriyah, Chumi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran
IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui penerapan metode inkuiri. Hal ini dikarenakan di kelas VA SDN Kepatihan 06
Jember terdapat permasalahan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satu
penyebabnya adalah siswa cenderung menggunakan cara hafalan untuk memahami materi IPS dan kemampuan guru dalam
mengasah kemampuan berpikir siswa masih kurang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian terdiri atas 40 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan
tes. Penelitian dengan menerapkan metode inkuiri dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pertemuan dan
siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
kelas V SDN Kepatihan 06 Jember mengalami peningkatan. Pada siklus 1, presentase kemampuan berpikir kritis siswa
sebesar 69,4% mengalami peningkatan sebesar 16,6% menjadi 86% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 90% mengalami peningkatan
sebesar 7,5% menjadi 97,5% pada siklus 2. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapaan metode
inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kepatihan 06 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]