Pengaruh Contextual Teaching and Learning melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember
View/ Open
Date
2013Author
Fifik Endah Wahyuni, Fifik
Singgih Bektiarso, Singgih
Nuriman, Nuriman
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui
metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre-test post-test control group. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen
dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA yang diukur dengan tes objektif pihan
ganda sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t tes. Dari hasil t tes
diperoleh t
0
= 2.667 lebih besar dari t
t
= 1.684 pada taraf signifikansi 5 % maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap
hasil belajar siswa kelas V SDN kesilir 01 Wuluhan Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]