TEMBANG DOLANAN DALAM MASYARAKAT OSING KABUPATEN BANYUWANGI (KAJIAN ETNOGRAFI)
View/ Open
Date
2013Author
Moch. Tsalis Nurhidayatullah, Moch.
Sukatman
Rusdhianti Wuryaningrum, Rusdhianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Tembang dolanan dalam masyarakat Osing merupakan tembang yang dituturkan oleh anak-anak Osing untuk membuat
permainan lebih meriah. Tembang dolanan juga digunakan untuk mengiringi permainan yang dimainkan oleh anak-anak.
Berdasarkan bentuk permainan, proses penuturan, nilai budaya, dan fungsi tembangnya, tembang dolanan masyarakat
Osing memiliki kemiripan dengan tembang dolanan masyarakat Jawa. Dari fungsi konteks permainan, tembang dolanan
masyarakat Osing dibagi menjadi sindiran, kecohan dan tebakan, dan humor balita selain dari fungsi konteks permainan,
bentuk tembang dolanan dalam masyarakat Osing berupa reduplikasi, akronimi, dan dialog. Tembang dolanan dalam
masyarakat Osing dituturkan sendiri tanpa permainan, dituturkan sendiri dalam permainan, dituturkan bersama tanpa
permainan, dan dituturkan bersama dalam permainan. Nilai budaya yang terkandung dalam tembang dolanan diantaranya
nilai tanggung jawab, percaya diri dalam bergaul, gotong-royong, nilai menghargai HAM dan perlindungan anak, dan
nilai mencintai tanah air. Fungsi tembang dolanan yaitu fungsi pendidikan karakter, fungsi kontrol sosial agar anak
bersikap jujur, fungsi wahana hiburan informal, dan fungsi pelestarian budaya Osing. Disarankan bagi guru, siswa, dan
mahasiswa untuk menjadikan penelitian ini sebagai bahan pembelajaran sastra dan bahan diskusi mata kuliah tradisi
lisan. caranya menjadikan tembang dolanan sebagai contoh tradisi lisan daerah pada materi memahami kesamaan dan
keberagaman bahasa dan dialek, serta menjelaskan perkembangan tradisi lisan pada masyarakat setempat. Bagi
masyarakat penggiat budaya disarankan untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan untuk mengenalkan
kembali tembang dolanan. Kemudian, disarankan juga untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji proses tembang dolanan
secara rinci.
Collections
- SRA-Education [1352]