PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PANCAKARYA 01 AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013-2014
View/ Open
Date
2013Author
Rista Pratiwi, Eka
Suhartiningsih
Yuliati, Nanik
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendiskripsikan penerapan metode Cooperative Integreted Reading And Composition
(CIRC) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan memahami isi wacana siswa kelas V SDN
Pancakarya 01 Ajung tahun pelajran 2013-2014 dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pancakarya 01
tahun pelajaran 2011-2012 dengan menggunakan metode Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC)
Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC) tahun pelajaran 2013-2014 Penelitian ini dilakukan pada siswa
kelas V SDN pancakarya o1 Ajung yang terdiri dari 42 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan
kelas. Pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Melalui media wacana
yang menarik, kemampuan siswa dalam memahami isi wacana menjadi meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan pada
setiap siklus menunjukkan bahwa siklus I secara keseluruhan didapat persentase ketuntasan sebesar 64.3% naik sebanyak
23.8% dari prasiklus. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 76.2% naik sebanyak 11.9%
dibandingkan dengan dengan siklus I.
Collections
- SRA-Education [1352]