PENERAPAN METODE SMART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XF SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO
View/ Open
Date
2012Author
Dwi Nurhasana, Ayun
Sukatman
Widjajanti, Anita
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian di bidang ilmu dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XF pada tahun akademi 2012/2013. Metode pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari: observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisa dari data yang digunakan adalah suatu analisa
pada hasil karangan siswa berupa wacana argumentasi. Hasil analisis belajar setelah diterapkan metode SMART pada siswa
kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu pada tahap prasiklus siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 0 siswa
dengan persentase ketidak tuntasan 100%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, yaitu sebanyak 20 siswa dengan
presentase 63% tuntas belajar dengan nilai ≥ 75. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai
≥ 75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 88%. Jadi siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan dari 68% sampai
88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SMART dapat meningkatkan kemampuan
menulis wacana argumentasi pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo.
Collections
- SRA-Education [1352]