PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 7 JEMBER
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam membangun dan
mengembangkan suatu negara. Matematika dalam dunia pendidikan merupakan salah
satu ilmu dasar yang dapat digunakan untuk menunjang adanya ilmu-ilmu lain seperti
ilmu fisika, kimia, ekonomi, komputer dan lain-lain. Mengingat betapa pentingnya
peranan matematika dalam kehidupan, maka guru sebagai pengajar dan pembimbing
harus mampu menerapkan metode yang baik sehingga dapat meningkatkan kadar
kegiatan belajar siswa sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan
matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas
VII SMP Negeri 7 Jember mulai 26 Januari 2015 sampai dengan tanggal 29 Januari
2015 semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Langkah awal pada penelitian ini
yaitu pengambilan sampel dengan melakukan uji homogenitas pada hasil UAS
semester ganjil untuk mengetahui apakah populasi tersebut homogen. Berdasarkan
hasil analisis varian kedelapan kelas tersebut dinyatakan homogen, maka diambil 2
kelas sebagai sampel atau objek penelitian. Dua sampel yang terambil yaitu kelas VII
D dan VII F, kemudian dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Berdasarkan hasil undian didapatkan kelas VII D sebagai kelas
eksperimen yang diajar dengan metode role playing dan kelas VII F sebagai kelas
kontrol yang diajar dengan metode ekspositori.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Langkah
awal yaitu dilakukan uji homogenitas terhadap kedelapan kelas berdasarkan hasil
UAS semester ganjil dengan menggunakan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian
viii
pada analisis homogenitas didapat harga P
>α
ix
sig
<α
hitung
sig
= 2,394 dengan
probabilitas
diterima artinya hasil
belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol.
Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat perbedaan hasil
belajar antara siswa yang diterapkan metode pembelajaran role playing dengan siswa
yang diterapkan menggunakan metode pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 7
Jember. hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diterapkan metode
pembelajaran role playing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar pada metode
pembelajaran ekspositori. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis Independent t-test.