• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA DI BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Indri Restanti - 100210102101_1.pdf (349.3Kb)
    Date
    2015-06-24
    Author
    INDRI RESTANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di beberapa sekolah SMA di Kabupaten Bondowoso menunjukkan bahwa masih banyak siswa SMA di Kabupaten Bondowoso mengalami kesulitan belajar fisika sehingga nilai ulangan harian siswa masih banyak yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Fakta ini diperoleh dari hasil wawancara terbatas dengan guru di salah satu SMA yang merupakan anggota dari MGMP fisika di Kabupaten Bondowoso. Dari hasil wawancara terbatas dengan salah satu anggota MGMP tersebut menyatakan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar fisika di kelas masih banyak guru fisika yang jarang sekali melakukan praktikum walaupun fasilitas laboratorium fisika dan alat-alat penunjang kegiatan praktikum sudah tersedia. Akibatnya hasil belajar dan keterampilan proses sains fisika siswa rendah sehingga perlu adanya suatu model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat sains. Berdasarkan uraian di atas maka diadakanlah penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran ROPES dengan teknik Talking Stick terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa SMA di Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengkaji hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ROPES dengan dengan teknik Talking Stick lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan model pembelajaran ROPES dengan dengan teknik Talking Stick , dan (2) Mengkaji keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran ROPES dengan teknik Talking Stick lebih baik daripada yang tidak menggunakan model pembelajaran ROPES dengan dengan teknik Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tenggarang . Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah vii observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 dan hipotesis penelitian 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh signifikansi nilai post test (1-tailed) 0,000. Nilai sig ≤ 0,05 sehingga H diterima dan H ditolak artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian model pembelajaran ROPES dengan teknik talking stick berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA di Bondowoso. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (1-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig ≤ 0,05 sehingga H o viii a diterima dan H ditolak, yaitu skor keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dengan demikian model pembelajaran ROPES dengan teknik talking stick berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa SMA di Bondowoso. o Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran ROPES dengan teknik talking stick berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA di Bondowoso, dan (2) Model pembelajaran ROPES dengan teknik talking stick berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa SMA di Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62724
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository