• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sidokerto, Sidoarjo

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Mazidah.pdf (269.0Kb)
    Date
    2013
    Author
    Nur Mazidah, Singgih Bektiarso, Agustiningsih
    Nur Mazidah, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu alternative model pembelajaran yang inovatif adalah Problem Based Learning (PBL). Kelebihan dari dapat melatih kemandirian siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh penerapan model Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto, Sidoarjo. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental pola pre-test post-test control group design. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling areayaitu di SDN Sidokerto Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Subjek yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 44 siswa dari kelas IVA dan 42 siswa dari kelas IVB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas berdasarkan nilai pre-testpokok bahasan sumber daya alam. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga t0=0,871, sedangkan nilai ttabel dengan db=84 adalah 1,99, sehingga t0<t tabel. Selanjutnya, kelas IVA ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random. Hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil uji-t =3,647, sedangkan nilai t tabel dengan db=84 adalah 1,99, sehingga t hitung>t tabel . Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto Kabupaten Sidoarjo pokok bahasan sumber daya alam pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan t hitung = 3,647.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62700
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository