Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Sustained Silent Reading (SSR) Pada Kelas iii Sdn 3 Gemaharjo Trenggalek Tahun Pembelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Gheanurma, Ekahasta Novarina
Satrijono, Hari
Suhartiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan umum penelitian ini adalah memperbaiki hasil belajar membaca pemahaman pada kelas III SDN 3 Gemaharjo
Trenggalek. Tujuan khusus adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi Sustained Silent Reading(SSR)
dan meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman melalui strategi Sustained Silent Reading (SSR). Masalah yang
ditemukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 3 Gemaharjo Trenggalek adalah membaca khususnya membaca
pemahaman karena kebiasaan siswa masih membaca bersuara sehingga kurang berkonsentrasi dalam memahami isi wacana
dan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan strategi Sustained Silent
Reading(SSR) yang merupakan kegiatan membaca di dalam hati yang dibatasi waktu dan salah satu bagian dari pendekatan
Whole Languasge.Setelah pelaksanaan tindakan hasil dari proses pembelajaran membaca pemahaman melalui strategi SSR
adalah mengalami peningkatan yaitu ketuntasan siswa 72% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II, sedangkan
ketidaktuntasan siswa 28% pada siklus I mengalami penurunan menjadi 8% pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar dapat
disimpulkan bahwa melalui strategi SSR dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas III SDN 3
Gemaharjo Trenggalek.
Collections
- SRA-Education [1352]