PEGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI RQA (READING, QUESTIONING, ANSWERING) PADA MATAKULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi strategi RQA (Reading, Questioning, Answering) terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa semester II pada matakuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI). Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Jember. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain, perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi RQA, instrumen pengamatan proses pembelajaran serta perangkat tes untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Penelitian yang dilaksanakan mulai Januari hingga Maret 2014 ini menunjukkan bahwa strategi RQA dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa walaupun belum secara signifikan. Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran kelas yang menerapkan RQA menunjukkan aktifitas belajar yang lebih aktif (berdasarkan beberapa indikator) daripada kelas kontrol