Pengelompokan Minimarket Waralaba Berbasis GIS dengan Menggunakan Metode Hierarchical Clustering
View/ Open
Date
2015-05-12Author
Saiful Bukhori
Ifrina Nuritha, Windi Eka Yulia Retnani
Metadata
Show full item recordAbstract
Lokasi merupakan salah satu factor dalam bauran pemasaran ritel (retail marketing mix) yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha bisnis ritel seperti minimarket waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha minimarket waralaba dengan system informasi geografis. Tingkat keberhasilan usaha ditentukan dengan mengelompokkan minimarket waralaba berdasarkan 6 indikator keberhasilan usaha menggunakan 5 metode hierarchical clustering. Identifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha dilakukan dengan 4 operasi spasial dalam system informasi geografis, yaitu geocoding,measurement,query dan overlay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode single linkage merupakan metode clustering terbaik yang mempunyai nilai rasio simpangan baku dalam kelompok (Sw) dan sampingan baku antar kelompok (Sb) paling kecil dibandingkan keempat metode lainnya.