Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS melalui Strategi Three Stage Fishbowl Decision Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Kanigaran 04 ProbolinggoTahun Pelajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Yunita Imansari, Yunita
Nanik Yuliati, Nanik
Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan proses belajar mengajar yang menggunakan strategi three stage fishbowl decision pada
pokok bahasan perkembangan teknologi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah
yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPS di SDN Kanigaran 04 Probolinggo yakni metode pembelajaran yang
tidak bervariasi dan kurangnya pemanfaatan media di lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas
4 SDN Kanigaran 04 Probolinggo yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian tindakan
kelas, tindakan pengajaran dilakukan oleh peneliti. Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan
dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dengan strategi three stage fishbowl, siswa
mengeluarkan pendapatnya sendiri di forum diskusi sehingga memberikan kemudahan untuk memahami materi. Jadi,
strategi three stage fishbowl decision dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]