Hubungan antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Warga Belajar Kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013
View/ Open
Date
2012Author
Fitriana, Eliya
Khutobah
Tri Indrianti, Deditiani
Metadata
Show full item recordAbstract
Kesiapan belajar warga belajar akan mempengaruhi hasil belajar yang diperolehnya. Namun faktanya tidak semua warga
belajar kelas XI di Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso yang memiliki kesiapan belajar yang baik, akhirnya
mendapatkan hasil belajar matematika yang baik pula. Sehingga menimbulkan pertanyaan adakah hubungan antara
kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika warga belajar kelas XI di SKB Bondowoso. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui signifikan atau tidaknya Hubungan antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Warga
Belajar Kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif, dan menggunakan data primer berupa angket yang diberikan pada 18 warga belajar paket C SKB
Bondowoso, dan data sekunder berupa dokumentasi hasil belajar. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan
purposive sampling dengan kriteria yaitu hadir pada saat diadakan ulangan harian bab Komposisi Dua Fungsi dan Invers
Suatu Fungsi . Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan perhitungan komputer dengan software SPSS
(Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dan analisis korelasi tata jenjang untuk menguji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar
matematika warga belajar kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso semester genap tahun pelajaran 2012-
2013. Selain itu perkembangan kesiapan adalah indikator yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar. Sehingga
sangatlah tepat jika dikatakan bahwa warga belajar paket C SKB Bondowoso adalah orang dewasa yang harus belajar
sesuai dengan prinsip-prinsip andragogi.
Collections
- SRA-Education [1352]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...