PENGARUH BAURAN PRODUK, PERSONAL SELLING, DISPLAY, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN TAK TERENCANA PADA KONSUMEN DI PUSAT-PUSAT PERBELANJAAN JEMBER
Abstract
Dalam keputusan pembelian, terkadang konsumen melakukan keputusan pembelian yang sifatnya tak terencana. Hal ini bisa disebabkan karena adanya rangsangan/stimuli yang ada di tempat transaksi terjadi. Ritel modern atau pusat perbelanjaan adalah tempat yang paling memungkinkan untuk terjadinya rangsangan-rangsangan pembelian tidak terencana tersebut. Informasi yang dimiliki konsumen mengenai karakteristik bauran produk menjadi elemen yang penting pula dalam proses keputusan pembelian tak terencana.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh mengenai keterkaitan variabel bauran produk (X1), display (X2), personal selling (X3) dan promosi penjualan (X4) berpengaruh terhadap pembelian tak terencana pada konsumen yang dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan kota Jember baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian dilaksanakan pada khususnya Golden Market, Matahari Departement Store, Carefour dan Roxy Square Jember terhadap para konsumennya dengan menggunakan metode accidental sampling. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bauran produk, personal selling, display, dan promosi penjualan terhadap pembelian tak terencana, baik secara simultan maupun parsial terhadap produktivitas kerja karyawan.
Kata Kunci : Pembelian tak terencana, bauran produk, personal selling, display, promosi penjualan