PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION NOTE TAKING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI ARJASA
Abstract
Pembelajaran fisika dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang
merupakan serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbale balik
dalam kegiatan belajar mengajar yang membahas dan mempelajari alam serta
kejadian-kejadiannya. Data PUSPENDIK 2011/2012 mengungkap bahwa nilai ujian
nasional mata pelajaran fisika tingkat nasional lebih rendah daripada mata pelajaran
IPA lainnya. Hal ini dikarenakan pembelajaran di sekolah masih banyak
menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
vii
menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test dengan bantuan
SPSS 16.
Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1
diperoleh nilai signifikansi
0,0195 menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0,05 atau 0,0195 0,05 sehingga
hipotesis nihil
o
viii
a
dengan signifikansi
a
o
dengan signifikansi
a
o
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan daripenelitian ini
adalah: