• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Futiharohmah - 100210102012_1.pdf (714.4Kb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    Futiharrohmah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari gejala-gejala yang terjadi di alam semesta. Secara umum ciri-ciri gejala fisika yaitu gejala alam yang dapat diamati atau dirasa melalui indera manusia. Sehingga untuk menguasai fisika tidak cukup dengan sekedar mendengarkan penjelasan/ceramah, membaca buku atau mengerjakan soal. Tetapi pembelajaran fisika hendaknya berlandaskan konstrukstivisme dan berpusat pada siswa. Secara umum pembelajaran IPA fisika di SMP di kabupaten Jember dilaksanakan dengan menggunakan model kooperatif yaitu dengan menekankan pada kerjasama dalam kelompok dan pemberian tugas-tugas. Siswa masih belum ditekankan untuk dapat menemukan sendiri dan membangun sendiri pengetahuannya melalui percobaanpercobaan. Selain itu, masalah gaya belajar siswa yang berbeda-beda masih belum terlalu diperhatikan oleh guru. Oleh karena itu, perlu diterapkan pendekatan dan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengamati dan membuktikan teori atau asumsi melalui percobaan fisika serta dapat mengatasi perbedaan-perbadaan gaya belajar yang dimiliki siswa yaitu salah satunya dengan menerapkan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing selama pembelajaran IPA Fisika di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji perbedaan aktivitas belajar IPA fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional di SMP, (2) mengkaji perbedaan hasil belajar IPA vii fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan Independent Sample T-test dengan bantuan software SPSS 16. Hasil analisis aktivitas belajar siswa menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data menggunakan uji-t yaitu diperoleh nilai Sig. (1tailed) sebesar 0,000 atau nilai Sig. ≤ 0,05. Begitu juga dengan hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 6,747 dikonsultasikan dengan t dengan db = 68 pada taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel sebesar 1,995 atau t viii tabel hitung (6,747) > t (1,995), sehingga hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima. Analisis hasil belajar juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Namun hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,270 atau nilai Sig. > 0,05 dan hasil perhitungan manual diperoleh t hitung (1,816) < t a (1,995). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H 0 tabel ) diterima dan hipotesis alternatif (H ) ditolak. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar IPA fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional di SMP, (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA fisika siswa menggunakan pendekatan SAVI dengan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional di SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62298
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository