• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM PENILAIAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN DENGAN METODE SERVQUAL (STUDI KASUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Ardiyanta Prasetyawan - 102410101030_1.pdf (339.0Kb)
    Date
    2015-03-30
    Author
    Ardiyanta Prasetyawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa adalah hal yang terpenting bagi suatu instansi. Hal ini dikarenakan kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor atau ukuran keberhasilan bagi setiap instansi. Suatu instansi harus mengetahui siapa saja pelanggan atau pengguna jasa yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan kualitas pelanggan yang dimiliki. Suatu instansi dapat mengetahui apa saja yang diinginkan oleh pengguna jasa dengan diketahuinya pengguna jasa yang dimiliki. Pengguna jasa akan datang dan menggunakan jasa layanan tersebut jika suatu instansi dapat menunjukkan kualitas dari setiap jasa layanan yang ditawarkan. Pada suatu universitas, kepuasan mahasiswa merupakan hal yang terpenting. Kepuasan mahasiswa menjadi tolok ukur keberhasilan atau kualitas dari universitas tersebut. Kualitas dari layanan tersebut dapat diketahui dengan penggunaan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Akan tetapi, penggunaan kuesioner dengan menggunakan media kertas pada saat ini kurang begitu efisien untuk digunakan karena membutuhkan media kertas dan data yang terkumpul juga sering tidak lengkap karena tidak diserahkan kembali kepada peneliti. Sistem Penilaian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIPEKA) merupakan sebuah solusi mengapa sistem ini sangat cocok diterapkan pada lingkup Universitas. Pengembangan sistem ini akan didukung dengan penggunaan metode Service Quality (Servqual) dimana dengan metode tersebut dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan layanan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dengan media kuesioner. viii SIPEKA akan diimplementasikan dalam bentuk penggunaan web, sehingga dapat diakses secara mudah oleh mahasiswa. Sistem yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework Code Igniter.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62083
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2330]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository