MODERNISASI PENDIDIKAN PESANTREN DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN 1989-2004
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Modernisasi Pendidikan Pesantren Darus Sholah
Jember Tahun 1989-2004 dengan menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Adapun rumusan masalah yang
digunakan, sebagai berikut: (1) Apa yang melatarbelakangi perubahan sistem pendidikan di
Pesantren Darus Sholah Jember? (2) Bagaimana proses terjadinya modernisasi pendidikan
Pesantren Darus Sholah Jember? (3) Dampak apakah yang ditimbulkan dari modernisasi
pendidikan yang diterapkan di Pesantren Darus Sholah?. Hasil penelitian menunjukkan
perubahan sistem pendidikan Pesantren Darus Sholah disebabkan oleh adanya SKB Tiga
Menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam
Negeri yang mengeluarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang pendidikan
nasional. Munculnya SKB Tiga Menteri tersebut membawa pengaruh modernisasi di
Pesantren Darus Sholah, dari pesantren salaf ke pesantren modern, yaitu dengan menerapkan
sistem klasikal. Keberadaan Pesantren Darus Sholah yang telah memodernisasi
pendidikannya membawa dampak terhadap masyarakat sekitar, seperti dampak sosial budaya
dan politik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa, masyarakat yang semakin
agamis dan menjadi rujukan para politisi untuk meminta dukungan dan nasihat.