PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB DI KELAS V SDN KENCONG 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Latar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan hasil observasi awal di
lapangan dan informasi dari wali kelas V SD Negeri Kencong 05 Jember ditemukan
bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri Kencong 05 Jember dalam
menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB pada umumnya masih rendah, siswa masih
kesulitan menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB, siswa kurang termotivasi untuk
bertanya, dan siswa masih belum bisa menemukan sendiri suatu konsep Matematika.
Berdasarkan masalah yang ditemukan, salah satu strategi untuk mengatasi masalah
pembelajaran adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan
menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
semester 1, bagaimanakah aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan
menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V semester 1, dan
bagaimanakah hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan KPK dan FPB dengan mengunakan pendekatan kontekstual
pada siswa kelas V semester 1. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penerapan
pembelajaran menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB dengan menggunakan
pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 1,
menelaah peningkatan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran menyelesaikan
soal cerita KPK dan FPB menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V
semester 1, dan menelaah peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran
viii
menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB menggunakan pendekatan kontekstual pada
siswa kelas V semester 1.