• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN PERSEBARANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING: THINK - PAIR - SHARE DI SDN GEBANG O3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Sukma Rahayu_001.pdf (131.1Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Sukma Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Gebang 03 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/ media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS., guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share mata pelajaran IPS kelas IVB SDN Gebang 03 kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03 kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 25 Juli 2011 sampai tanggal 30 September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 47 siswa, terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir ix sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6180
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository