ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KENCONG
Abstract
Pendidikan karakter adalah upaya sadar dan sungguh-sungguh dari seorang guru untuk mengajarkan nilai-nilai
kepada siswanya. RPP sebagai wahana mengimplementasikan pendidikan karakter idealnya memuat pernyataanpernyataan
yang berfokus pada pengembangan karakter.Rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan terdapat empat belas aspek karakter dalam RPP bahasa dan sastra Indonesia di SMA Negeri 1
Kencong, yaitu aspek religius, aspek toleransi, aspek disiplin, aspek kreatif, aspek mandiri, aspek demokratis,
aspek rasa ingin tahu, aspek cinta tanah air, aspek menghargai prestasi, aspek bersahabat/komunikatif, aspek
gemar membaca, aspek peduli lingkungan, aspek peduli sosial, dan aspek tanggung jawab. Wadah penuangan
pendidikan karakter, meliputi Materi Pembelajaran, Indikator Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Strategi
Pembelajaran, dan Kegiatan Belajar Mengajar. Aspek pendidikan karakter dituangkan dalam bentuk frasa, klausa,
dan kalimat.
Collections
- SRA-Education [1352]