MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I SDN 3 SEMPU
Abstract
Keterampilan membaca merupakan salah satu bagian dari empat
keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah. Keterampilan membaca
memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Dari hasil observasi di SDN
3 Sempu, telah ditemukan hasil dari kemampuan membaca lancar siswa yang
masih rendah. Pada saat siswa ditugaskan membaca di depan kelas masih banyak
siswa yang kurang lancar membaca. Contohnya siswa masih banyak yang
mengeja, salah eja, dan kurang bisa membedakan huruf.
Media kartu huruf bergambar adalah media visual sederhana berbentuk
persegi terbuat dari kertas yang berisi huruf dengan bermacam-macam warna dan
gambar-gambar yang menarik. Pembelajaran membaca menggunakan media kartu
huruf bergambar, dapat memancing minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
membaca.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan
media kartu huruf bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca
lancar pada siswa kelas I SDN 3 Sempu Banyuwangi; (2) bagaimanakah
peningkatan kemampuan membaca lancar siswa setelah dilakukan pembelajaran
dengan media kartu huruf bergambar pada siswa kelas I SDN 3 Sempu
Banyuwangi. Tujuan dari penelitian adalah: (1) mendeskripsikan penerapan media
kartu huruf bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar
siswa kelas I SDN 3 Sempu Banyuwangi; (2) meningkatkan kemampuan
membaca lancar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media kartu huruf
bergambar pada siswa kelas I SDN 3 Sempu Banyuwangi.