PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SDN AMPEL 02 WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor
antara lain; pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ampel 02 kecamatan Wuluhan masih
mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru tidak memberi
kesempatan siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Guru
bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa
memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh dari pengetahuan berdasarkan
pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh
guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri
siswa, apakah struktur kognitif siswa tertsebut telah sesuai dengan informasi baru
yang telah disampaikan guru atau malah sebaliknya.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimana meningkatkan
aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif
snowball throwing pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Ampel 02 Wuluhan
Jember? (b) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA
menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing pokok bahasan gaya siswa
kelas IV SDN Ampel 02 Wuluhan Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar
melalui pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli mata pelajaran
IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ampel 02 Kecamatan Wuluhan Kabupaten
ix
Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan
jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan, Pengambilan data
dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 02 Kecamatan Wuluhan, dimulai
pada tanggal 11 Januari 2011 sampai tanggal 22 Januari 2011. Desain penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah
dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang
telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif,
data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran.