PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN LEMBENGAN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman belajar langsung
pada siswa dengan tujuan agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar
secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga
dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
alam sekitar. Pelaksanaan pembelajaran IPA hendaknya menempatkan aktivitas nyata
bagi anak, memberi kesempatan anak untuk bersentuhan langsung dengan obyek
yang akan atau sedang dipelajarinya. Fakta di lapangan berbeda dengan yang
diharapkan peneliti. Hasil observasi di SDN Lembengan 01 menunjukkan bahwa
pelajaran masih didominasi oleh guru, siswa kurang aktif dalam menjawab
pertanyaan, materi IPA tidak pernah diajarkan dengan percobaan dan guru tidak
memberi umpan balik pada siswa yang aktif
Permasalahan yang ada di SDN Lembengan 01 menggugah peneliti
menggunakan metode eksperimen dalam mengatasi masalah yang ada. Metode
eksperimen dianggap cocok untuk pembelajaran ini karena metode eksperimen dalam
penyajian pelajarannya menuntut siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan
membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya. Rumusan masalah pada penelitian
ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan
perubahan wujud benda melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN
Lembengan 01 Jember. Penerapan metode eksperimen ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan wujud benda
pada siswa kelas IV SD Negeri Lembengan 01 Jember.