• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROGRAM MYOB DENGAN PROGRAM GNUCASH PADA KOMPETENSI DASAR MENGENTRI TRANSAKSI

    Thumbnail
    View/Open
    Desy Kumalasari - 100210301109_1.pdf (283.2Kb)
    Date
    2015-03-10
    Author
    Desy Nur Kumalasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perbedaan Efektivitas Pembelajaran yang Menggunakan Program MYOB dengan Program GnuCash pada Kompetensi Dasar Mengentri Transaksi Kebutuhan dunia kerja saat ini mulai berkembang mengikuti kemajuan teknologi informasi Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif yaitu, untuk mengetahui perbedaan efektifitas pembelajaran yang menggunakan program MYOB dengan program GnuCash pada kompetensi dasar mengentri transaksi kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas XII AK 1 yang terpilih sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XII AK 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu independen sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan program MYOB dengan program GnuCash dapat mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu ada perbedaan yang signifikan pembelajaran yang menggunakan program MYOB dengan program GnuCash. Nilai rata-rata keterampilan siswa yang menggunakan program MYOB sebesar 84,85 sedangkan nilai rata-rata keterampilan siswa yang menggunakan program GnuCash yaitu 90,62. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan siswa kelas eksperimen lebih tinggi 5,77 daripada kelas kontrol.Selain itu nilai rata-rata tes siswa yang menggunakan program MYOB sebesar 78,12 sedangkan nilai rata-rata tes siswa yang menggunakan program GnuCash yaitu 89,00. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi 10,88 daripada kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan menggunakan uji independent sampel t-tes untuk nilai keterampilan, nilai t hitung lebih besar dari t atau 3,903 > 1,990 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara nilai tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu uji independen sampel t-tes untuk nilai tes menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t atau 8,621 > 1,990. Dengan demikian pembelajaran menggunakan program GnuCash pada mata pelajaran komputer akuntansi kompetensi dasar mengentri transaksi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61648
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository