• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SDN KARANG BAYAT 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012 MELALUI IMPLEMENTASI METODE BUZZ GROUP DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA MODIFIKASI GARIS BILANGAN.

    Thumbnail
    View/Open
    RIO NUR HABIBI HADI PUTRO_001.pdf (213.5Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    RIO NUR HABIBI HADI PUTRO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar siswa yang rendah secara klasikal disebabkan oleh pendekatan pembelajaran matematika yang cenderung terpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif dalam menyampaikan ide, maupun gagasannya. Selain itu tidak ada media yang digunakan saat pembelajaran matematika sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep yang diajarkan dan penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa. Pembelajaran dengan metode Buzz Group disertai media modifikasi garis bilangan merupakan salah satu metode yang memberikan lebih banyak diskusi kepada siswa dengan menggunakan media modifikasi garis bilangan dan mengurangi adanya dominasi oleh satu atau beberapa orang saja dalam diskusi, sehingga mampu meningkatkan aktivitas siswa. Siswa lebih mudah memahami materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui belajar berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah-langkah pembelajaran dengan metode Buzz Group adalah: pengelompokan siswa, penjelasan materi, diskusi kecil, diskusi besar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Bayat 5. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas V yang terdiri atas 30 siswa, dengan 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes, sedangkan data yang dianalisis berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama tindakan, wawancara guru dan siswa, serta hasil tes akhir siklus siswa. ix Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama yang terdiri dari aktivitas memperhatikan penjelasan guru 77,77%, menggunakan media 78,88%, berdiskusi 73,33% dan memecahkan persoalan dalam kelompok 76,66 %. Pada siklus I pertemuan kedua persentase aktivitas memperhatikan penjelasan guru 68,88%, menggunakan media 82,22%, berdiskusi 80% dan memecahkan persoalan dalam kelompok 81,11 %. Sedangkan Persentase aktivitas siswa pada siklus II, terdiri dari aktivitas memperhatikan penjelasan guru 75,55%, menggunakan media 85,55%, berdiskusi 86,66% dan memecahkan persoalan dalam kelompok 84,44 %, sehingga aktivitas siswa secara klasikal pada siklus II mencapai 83%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6164
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository