• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK WAWANCARA PADA SISWA KELAS VII E SMPN 1 BANGSALSARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)

    Thumbnail
    View/Open
    Shandy Febryansyah - 100210402002_1.pdf (234.2Kb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    handy Febryansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meningkatkan Keterampilan Menyimak Wawancara Pada Siswa Kelas VII E SMPN 1 Bangsalsari Melalui Media Audio Visual dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS); Shandy Febryansyah, 100210402002; 2014: 58 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran menyimak wawancara siswa kelas VII E SMPN 1 Bangsalsari Jember, ditemukan permasalahan bahwa siswa kelas VII E tidak menguasai keterampilan menyimak pada pembelajaran menyimak wawancara. Kelas VII E memperoleh nilai rata-rata kelas terendah dari kelas VII yang lain. Saat kegiatan menyimak berlangsung banyak siswa yang tidak memperhatikan kegiatan wawancara yang sedang dibacakan guru. Hal ini disebabkan guru fokus pada pembacaan teks wawancara dan tidak fokus memperhatikan kegiatan siswa. Siswa juga memperoleh nilai di bawah KKM dengan nilai rata-rata kelas 69,39. Untuk mengatasi masalah pada pembelajaran menyimak wawancara maka diberikan solusi dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS). Pemilihan model TPS sebagai solusi dari permasalahan yang ada karena, model TPS membuat siswa belajar lebih efektif dengan pembagian kelompok yang kecil atau terdiri dari 24 orang. Kelebihan lain yang ada pada model TPS adalah pada tahap think guru dapat mengetahui kemampuan siswa melalui pertanyaan yang harus dijawab siswa secara individu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni (1) bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menyimak wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bangsalsari dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak wawancara pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bangsalsari setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). vii Tempat penelitian berlokasi di SMPN 1 Bangsalsari pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 36 siswa. Penelitian yang berlangsung di kelas VII E SMPN 1 Bangsalsari berlangsung hingga 2 siklus. Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I guru masih belum sepenuhnya menerapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun. Sedangkan kekurangan aktifitas siswa pada siklus I adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran, seperti tidak menyimak materi yang diberikan guru. Siswa masih lemah dalam keterampilan menyimak wawancara. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil menyimak yang diperoleh siswa tidak mampu mencapai nilai rata-rata yakni ≥74. Pada siklus II guru telah menerapkan langkahlangkah pembelajaran sesuai RPP dan siswa telah menunjukkan kemajuan dalam keterampilan menyimak wawancara. Kemajuan siswa dalam keterampilan menyimak wawancara berupa, siswa yang semula pada prasiklus tidak bisa memperoleh informasi dari kegiatan menyimak saat ini siswa sudah bisa memperoleh informasi dengan tepat. Selain itu, pada siklus II siswa juga menunjukkan kemajuan belajar pada pembelajaran menyimak wawancara. Kemampuan menyimak siswa meningkat pada tahap pair. Pada tahap ini siswa menguatkan hasil menyimaknya dengan cara berdiskusi bersama teman atau pasangannya. Siswa yang tidak aktif juga berkurang menjadi 6 siswa atau 16,67%. Tahap-tahap tersebut dapat berjalan lancar dan menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan menyimak dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya yakni, hasil belajar siswa meningkat dari 61,11% atau 22 siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 83,33% atau 30 siswa yang tuntas pada siklus II. Kemampuan rata-rata siswa meningkat dari 75 pada siklus I menjadi 82,67 pada siklus II. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian mengenai penerapan model TPS dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII E SMPN 1 Bangsalsari Jember tahun pelajaran 2013−2014 dalam menyimak wawancara.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61605
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository