MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 CANDIPURO MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING
Abstract
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII A SMPN 1
Candipuro Menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Teknik Mind Mapping;
Sekar Miadiarti, NIM 100210402042; 2014: 148 halaman; Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang diajarkan di
sekolah. Salah satu kompetensi di bidang menulis disajikan dalam menulis teks berita
secara singkat, padat, dan jelas. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas
VIIIA SMPN 1 Candipuro belum mampu menulis teks berita secara lengkap dengan
memenuhi unsur-unsur 5W+1H dan menggunakan ejaan tanda baca yang benar. Hal
tersebut mengakibatkan nilai rata-rata siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Candipuro
dibawah KKM yaitu 70. Nilai siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 18 orang
atau
Rumusan masalah dalam penelitian in, yaitu bagaimanakah penerapan
pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan
menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro dan bagaimanakah
peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro
setelah diterapkan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping.
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang
bertujuan untuk memberikan solusi guna mengatasi permasalahan pembelajaran di
kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Candipuro dengan jumlah
34 siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIIIA. Teknik pengumpul
data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
vii
analisis data menunggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah
siswa kelas VIII SMPN 1 Candipuro dengan jumlah 34 siswa dan guru mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VIIIA.
Penerapan teknik mind mapping dengan pendekatan saintifik untuk
meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa sebagai berikut:
Berdasarkan hasil penelitian dari aspek proses pembelajaran dan hasil belajar
tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan teknik mind
mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro
Lumajang tahun pelajaran 2013-2014 dalam menulis teks berita.
Saran dalam penelitian ini untuk guru, siswa, pembaca dan peneliti lain. Guru
bahasa Indonesia disarankan untuk menerapkan teknik mind mapping dengan
pendekatan saintifik tidak hanya pada meteri menulis teks berita, tetapi juga pada
materi pembelajaran lainnya. Siswa kelas VIIIA disarankan menggunakan teknik
mind mapping dengan pendekatan saintifik dalam kegiatan menulis teks berita.
Pembaca sebaiknya menerapakan tentang teknik mind mapping dengan pendekatan
saintifik guna memperoleh pengetahuan secara teori maupun penerapannya.