• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENYIMPANGAN KALIMAT BERBAHASA INDONESIA DALAM ARTIKEL MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Akmalia Nur Puspita - 100210402098_1.pdf (208.7Kb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    Akmalia Nur Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penyimpangan Kalimat Berbahasa Indonesia dalam Artikel Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; Akmalia Nur Puspita; 100210402098; 2014; 117 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang digunakan manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Penyimpangan dalam praktik berbahasa tulis ditemukan dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Kesalahan yang ditemukan menunjukkan bahwa pemahaman kaidah berbahasa Indonesia tulis di kalangan mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember masih kurang. Bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Indonesia yang ditemukan dalam artikel dikaji menggunakan taksonomi siasat permukaan, seperti adanya penambahan, penghilangan, salah susun dan salah formasi. Mahasiswa program studi bahasa Inggris merupakan cendekiawan Indonesia yang secara aktif mempelajari bahasa asing. Mahasiswa tersebut di masa mendatang akan menjadi ahli bahasa, sehingga harus mampu menerapkan kaidah berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, mengenai 1) kesalahan penambahan (addition) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?; 2) kesalahan penghilangan (omission) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?; 3) kesalahan susun (misordering) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?; 4) kesalahan formasi (misformation) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan tentang 1) kesalahan penambahan (addition) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; 2) kesalahan ix penghilangan (omission) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; 3) kesalahan susun (misordering) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; 4) kesalahan formasi (misformation) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan kualitatif. Data penelitian ini adalah data tertulis berupa kalimat-kalimat berbahasa Indonesia dalam artikel yang diindikasikan ada penyimpangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas: tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ditemukan empat bentuk penyimpangan kalimat berbahasa Indonesia, yaitu a) kesalahan penambahan; b) kesalahan penghilangan; c) kesalahan susun; d) kesalahan formasi. Umumya kesalahan yang ditemukan ialah kesalahan penambahan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disampaikan saran sebagai berikut: 1) bagi mahasiswa, hendaknya digunakan sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran kesalahan berbahasa; 2) bagi dosen analisis kesalahan berbahasa, hasil penelitian ini hendaknya digunakan sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran kesalahan berbahasa dan disarankan untuk mengarahkan mahasiswa agar tidak terjadi kesalahan yang serupa, sehingga mahasiswa tidak memandang remeh pembelajaran bahasa Indonesia; 3) bagi guru dan pengajar bahasa, khususnya bahasa Indonesia secara rinci memberikan pengajaran penggunaan bahasa yang benar, dan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu sumber informasi untuk menghindari serta memperbaiki bentukbentuk kesalahan berbahasa; 4) Peneliti kesalahan berbahasa disarankan untuk mengembangkan penelitian serupa tentang bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Indonesia dalam lisan maupun tulisan menggunakan taksonomi kesalahan berbahasa yang lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61590
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository