• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS II KABUPATEN JEMBER THE PASPORT SERVICE QUALITY IN IMMIGRATION OFFICE CLAS II JEMBER REGENCY

    Thumbnail
    View/Open
    Lia Putri Diyah Agustina - 100910201004_1.pdf (441.3Kb)
    Date
    2015-02-28
    Author
    Lia Putri Diyah Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan paspor di Kantor Imigrasi kelas II Kabupaten Jember. Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada warga Negara Indonesia untuk melakukan perjalanan antar Negara yang berlaku selama jangka waktu tertentu seperti yang dijelaskan pada undang-undang No.6 Tahun 2011 tentang ke imigrasian. Fokus penelitian ini pada pelayanan pembuatan paspor karena memiliki pemohon terbanyak. Secara empiris permasalahan terjadi karena pada waktu penyelesaian paspor yang melebihi standarnya, informasi yang kurang jelas dari pegawai layanan sehingga masyarakat tidak paham mengenai persyaratan dan alur pelayanan dan masyarakat lebih memilih untuk menggunakan biro jasa atau calo. Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan model Service Quality yang diperoleh dari perhitungan selisih antara skor persepsi dengan skor harapan berdasarkan lima dimensi yaitu bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Apabila pelayanan yang diterima sesuai harapan maka kualitas pelayanan baik; jika pelayanan yang diterima melebihi harapan maka kualitas pelayanan sangat baik atau ideal; dan apabila pelayanan yang diterima lebih rendah dari harapan maka kualitas pelayanan buruk atau tidak baik (Parasuraman et al. dalam Tjiptono, 2000:60). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian berjumlah 97 dan sampel tersebut adalah pemohon yang mengurus paspor dan 97 responden tersebut mempunyai 3 karakteristik yaitu berdasarkan komunikasi getok tular, kebutuhan pribadi dan pengalaman masa lalu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2014 di Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember. Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data sekunder dan primer, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai negatif dengan skor -0,3 yang berarti bahwa kualitas pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember tidak baik karena pelayanan yang diterima responden lebih rendah daripada harapan responden. Untuk hasil dari lima dimensi kualitas pelayanan tersebut yaitu dimensi bukti fisik skor ServQual -0,6; dimensi keandalan skor ServQual -0,5; dimensi daya tanggap skor ServQual -0,4; dimensi jaminan skor ServQual -0,2; dan dimensi empati skor ServQual -0,3.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61483
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository