STUDI EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI MTs DARUSSALAM JEMBER TAHUN 2013
Abstract
Studi Efektifitas Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di
MTs Darussalam Jember Tahun 2013; Anas Romzy Hibrida, 070910201090;
2014; 128 halaman; Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu
Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
Perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat modern menuntut bangsanegara
untuk
menguasi
informasi,
ilmu
pengetahuan
dan
teknologi.
Indonesia
sebagai
salah
satu negara dunia berkembang tentu memerlukan kesiapan dan kemampuan
anggotamasyarakatnya berupa daya adaptasi dengan nilai-nilai baru, daya
saing/kompetisi, dan kreativitas untuk dapat eksis di era peradaban informasi.
Pendidikan merupakan pilihan strategis untuk melakukan proses perubahan
sosial menuju masyarakat yang cerdas, beradab, adil, makmur dan sejahtera.
Pendidikan berfungsi membentuk watak peradaban sebuah bangsa yang beradab dan
bermartabat. Untuk itu, pemerintah menjadikan bidang pendidikan sebagai agenda
penting dalam pembangunan nasional sekaligus menjadi prioritas utama dalam
rencana kerja pemerintah.
Sebagai upaya penuntasan wajib belajar 9 tahun, pemerintah menggulirkan
program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bertujuan untuk meringankan
beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu
pendidikan dasar 9 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas implementasi
program bantuan operasional sekolah (BOS) di MTs Darussalam Jember dan
hambatan hambatan yang terjadi dalam implementasi program tersebut. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Bruce W. Tuckman. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, studi dokumentasi
dan kepustakaan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan program
BOS berjalan cukup efektif. Dari segi input program BOS menunjukkan bahwa
vii
kualitas SDM, Penerimaan Siswa Baru, Peningkatan kemampuan tenaga pendidik,
sarana prasarana pendidikan dan peraturan terkait berjalan cukup efektif dari
pemanfaatan dana BOS. Segi Proses menunjukkan bahwa Implementasi program
BOS dijalankan dan dilaporkan sesuai Juklak dan Juknis. Dari segi output
menunjukkan bahwa dengan adanya dana BOS dapat meringankan biaya peserta
didik, meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan prestasi siswa di bidang
akademik dan non akademik.
Hambatan yang masih muncul dalam implementasi Program BOS ini adalah
minimnya sosialisasi dari pihak madrasah selaku pengelola dana BOS, Pencairan
dana BOS yang sering terlambat, serta pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi program
yang tidak dilakukan secara berkala. Beberapa kebijakan dirasa perlu untuk
memperbaiki dan meminimalisir hambatan yang terjadi dalam Implementasi Program
BOS agar dapat berjalan efektif.
Kata kunci: Efektivitas, Implementasi Kebijakan, Program BOS