• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN 04 PURWODADI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Martin Suwinda_001.pdf (727.4Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Martin Suwinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor atau permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar antara lain; pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi saja, kurangnya respon siswa terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan kurangnya variasi metode yang digunakan untuk menyampaikan materi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04 Purwodadi Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind Mapping? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04 Purwodadi Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind Mapping?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui model Mind Mapping mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Purwodadi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak, terdiri dari 10laki-laki dan 11 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Purwodadi Banyuwangi, dimulai pada tanggal 08 Oktober 2011 sampai tanggal 20 Oktober 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis ix dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6138
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository