PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN 04 PURWODADI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor
atau permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar
antara lain; pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi saja,
kurangnya respon siswa terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan
kurangnya variasi metode yang digunakan untuk menyampaikan materi. Penelitian ini
berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04
Purwodadi Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind
Mapping? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04 Purwodadi
Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind Mapping?.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
melalui model Mind Mapping mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Purwodadi Banyuwangi Tahun Pelajaran
2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak,
terdiri dari 10laki-laki dan 11 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini
dilaksanakan di SDN 04 Purwodadi Banyuwangi, dimulai pada tanggal 08 Oktober
2011 sampai tanggal 20 Oktober 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode
observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis
ix
dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah
aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.