STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN FISIKA DISERTAI KUIS BERGAMBAR DENGAN PEMBELAJARAN FISIKA DISERTAI KUIS TIDAK BERGAMBAR (Studl Hasll Belajar Pokok Bahasan Listrik Statis Pada Siawa Kelas II Cawu Ill SLTP Negerl 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2001/2002)
Abstract
Tujuan pembelajaran fisika adalah untuk membekali siswa dengan
pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat memecahkan permasalahan yang
dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari walaupun dalam taraf yang sederhana.
Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, maka diperlukan suatu metode
pembelajaran yang dapat diterapkan pada siswa SLTP, salah satunya adalah
pembelajaran disertai kuis bergambar. Adapun permasalahan yang diajukan; a)
adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara pembelajaran disertai
kuis bergambar dengan kuis tidak bergambar, b) pernbelajaran manakah yang
lebih efektif antara pembelajaran disertai kuis bergambar dengan kuis tidak
bergambar. Tujuan penelitian; a) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika
antara pembelajaran disertai kuis bergambar dengan kuis tidak bergambar, b)
untuk mengetahui pembelajaran fisika manakah yang lebib efektif antara
pembelajaran disertai kuis bergarnbar dengan kuis tidak bergambar. Manfaatnya;
a) menambah wawasan keilmuan bagi mahasiswa tentang pembelajaran fisika
disertai kuis bergarnbar, b) memberikan masukan bagi tenaga pengajar terutama
guru fisika dalam memberikan alternatif pemecahan untuk perbaikan kegiatan
belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa meningkat, c) dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. Data penelitian diperoleh dari tes sebagai data utarna,
sedangkan data pendukung yaitu observasi, interviu dan dokumentasi. Untuk
menguji homogenitas responden penelitian digunakan analisis varians (ANAVA),
diperold1 harga Fh < Ft pada taraf signifikan 5% sebesar 0,22 < 2,66 maka dapat
d\katakan keadaan responden telah homogen. Sedangkan untuk mengetahui
perbedaan digunakan uji t-tes, sehingga setelah data tes hasil belajar ditolak maka
diperoleh harga thitung > ttabel pada taraf 5%sebesar 6,297 > 1,66. Untuk uji
efektifitas diperoleh 25,306%, sesuai dengan tabel kriteria efaktifitas hal tersebut
menunjukkan bahwa pembelajaran disenai kuis bergambar cukup efektif
dibanding dengan pembelajaran disenai kuis tidak bergambar. Berdasarkan hasil
analisa data dan diskusi dapat disimpulkan; a) ada perbedaan yang signifikan hasil
belajar antar pembelajaran disertai kuis bergambar dengan pembelajaran disertai
kuis tidak bergambar, b) pembelajaran disertai kuis bergambar cukup efektif
dibanding dengan pembelajaran disertai kuis tidak bergambar.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]