PEMBELAJARAN REMEDI MELALUI KAJIAN KESULITAN BELAJAR DALAM MENVELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA (Studi Hasil Belajar Konsep Fisika dan Konsep Matematis Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Siswa SMU Negeri I Arjasa Kelas I Cawu Ill Tahun Ajaran 2000/2001)
Abstract
Pengajaran fisika disekolah-sekolah masih banyak dijumpai siswa
yang mengalami kcsulitan bclajar, dan guru ticlak mau tahu dimana
letak kesulitan brlajar siswa pada konsep fisika atau konsep
matematisnya. Permasalahan berapa prosentase kesulitan belajar siswa
dalam penggunaan konsrp fisika untuk menyelesaikan soal-soal fisika,
berapa prosentase krsulitan belajar siswa dalam penggunaan konsep
matematis untuk menyelesaikan soal-soal fisika, manakah yang lebih
dominan dalam kesulitan belajar siswa antara penggunaan konsep fisika
dan penggunaan konsep matematis untuk menyelsaikan soal-soal fisika,
seberapa besar kenaikan hasil belajar siswa setelah diberi remedi
tentang kesulitan belajar. Tujuan untuk mengetahui berapa prosentase
kesulitan belajar siswa dalam penggunaan kunsep fisika untuk
menyelesaikan soal-soal fisika, untuk mrngctahui berapa prosentase
kesulitan belajar siswa dalam penggunaan konsep matematis untuk
menyelesaikan soal-soal fisika, untuk mengetahui manakah yang lebih
dominan dalam kesulitan belajar siswa antara penggunaan konsep fisika
dan penggunaan konsep matematis untuk menyelesaikan soal-soal fisika,
untuk mengetahui seberapa besar kenaikan hasil belajar siswa setelah
diberi remedi tentang kesulitan belajar. Pengumpulan data yang
digunakan tes, dokumentasi, observasi, interviu , dan angket. Analisis
data pemahaman T =100%, kesulitan Tk = 100% · Tp, kenaikan
hasil belajar P = N ~ N, '( 100 % . Hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa siswa mengalami kesulitan belajar dalam penggunaan konsep
fisika sebesar 82,5%. Siswa mengalami kesulitan belajar dalam
penggunaan konsep matematis sebesar 10 % dan 7,5% mengalami
kesulitan belajarnya sama antara penggunaan konsep fisika dan konsep
maternatis. Yang mendominasi kesulitan belajar siswa dalam
penggunaan konsep fisika dan konsep matematis adalah kesulitan
belajar dalam penggunaan konsep fisika. Hasil belajar siswa mengalami
kenaikan 87,5%, kenaikannya tiap siswa antara 1,4% sampai 67,3%
dan 12,5% hasilnya telap (tidak mengalanli penurunan maupun
kenaikan.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]