• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN PRESTASI BElAJAR SISWA MATA PElAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN BAHAN KAJIAN KEANEKARAGAMAN HEWAN KElAS I SlTP N 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2000 /2001

    Thumbnail
    View/Open
    Sri margiati.pdf (1.401Mb)
    Date
    2015-01-28
    Author
    Sri Margiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SLTPN 2 Arjasa memiliki lingkungan yang sangat mendukung untuk sumber pembelajaran biologi, namun belum dimanfaatkan untuk pembelajaran biologi, padahal pelajaran biologi yang diajarkan di SLTP banyak terdapat pada lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan pendekatan lingkungan salah satunya adalah pada bahan kajian keanekaragaman hewan. Permasalahan yang muncul adalah apakah lingkungan dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil ulangan sub sumatif siswa dalam mata pelajaran biologi bahan kajian keanekaragaman hewan. Kegiatan pembelajaran dengan pendekatan lingkungan ini bertujuan mengetahui tingkat aktivitas dan peningkatan hasil ulangan sub sumatif siswa dalrun mempelajari biologi bahan kajian keanekaragaman hewan dengan metode yang digunakan adalah metode observasi untuk mengukur aktivitas siswa dengan data yang akan diraih,berasal dari langkah-langkah kerja ilmiah yaitu berupa persiapan alat, partisipasi siswa, dalam kelompok, pelaksanaan pengamatan, mengisi lembar pengamatan, menyimpulkan hasil pengamatan dan mencatat hasilnya. Metode test dengan data yang ingin diraih yaitu ingatan, pemahaman dan penerapan. Responden diambil dari kelas lc SL TPN 2 Arjasa yang berjumlah 46 siswa, karena penelitian ini berupa action reseat maka responden yang diambil berdasarkan skor terendah dari rata-rata kelas I. Dari hasil analisis data yang diperoleh dengan pendekatan lingkungan mengalami penigkatan aktivitas belajar yaitu dari yang semula 76,79 % pada siklus I meningkat mcnjadi 84,28% pada siklus fi dan 87,95% pada siklus HI sedangkan hasil ulangan sub sumatif meningkat dari yang semula hanya 59 % menjadi 87 %. Dengan memperhatikan batas keberhasilan rata-rata nilai sebesar 65 per individu dan ketuntasan klasikaJ 85 % per kelas. Pendekatan lingkungan dapat meningkatkan prestasi belajar biologi bahan kajian keanekaragaman hewan pada siswa kelas I SLTP N 2 Arjasa tahun pelajaran 2000/2001.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61117
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6310]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository