• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL KALIMAT KONSEP DAN BANTUAN MEDIA KOMIK PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PEJARAKAN KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    HOLILI_001.pdf (816.5Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    HOLILI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis sebuah cerita memerlukan pemahaman terhadap kaidah-kaidah dalam menulis atau membuat sebuah karangan. Keterampilan menulis siswa perlu ditingkatkan agar siswa mampu menulis dengan baik dan benar. Siswa akan mampu mengekspresikan perasaan, gagasan, pikiran dan gagasannya untuk hal-hal yang positif melalui bahasa tulis. Kemampuan menulis pada siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 kurang baik. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan, kesesuaian dengan tema dan penggunaan ejaan. Hal ini mempengaruhi ketuntasan belajar yaitu dari 28 siswa, hanya 9 siswa tuntas belajar (sesuai SKM yaitu ≥ 60), sedangkan 19 siswa tidak tuntas belajar. Berdasarkan data hal tersebut untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa, digunakanlah model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan, karena komik memiliki alur cerita yang mudah dipahami oleh siswa. Siswa akan mudah menentukan pilihan kata dan mengembangkan cerita berdasarkan komik dan kalimat konsep. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka penelitian ini mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penggunaan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 Lumajang ; (2) bagaimanakah keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 setelah pembelajaran dengan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan. x Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Pejarakan Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Desain dari penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral, dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6111
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository