• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 1 GELUNG SITUBONDO MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALITA

    Thumbnail
    View/Open
    Hesti Wulandari_01.pdf (341.9Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Hesti Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau katakata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan. Tujuan utama dari berbicara adalah untuk berkomunikasi. Agar dapat menyampaikan pikiran secara efektif, maka sang pembicara harus memahami makna segala sesuatu yang ingin dikomunikasikan. Tetapi yang sering menjadi permasalahan dalam tindak komunikasi adalah ketidakefektifan dalam penyampaian pesan. Maksudnya, pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan tidak mengenai tepat sasaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan untuk berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo adalah dengan menggunakan media realita dalam proses pembelajarannya, sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimanakah proses penerapan penggunaan media realita yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo, 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo setelah menggunakanmedia realita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan penggunaan media realita yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar berbicara siswa setelah menggunakan media realita. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN 1 Gelung Situbondo, dimulai pada tanggal 08 Agustus 2011 sampai tanggal 13 Agustus 2011, viii subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) proses penerapan penggunaan media realita yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Gelung Situbondo yaitu dengan guru menggunakan teknik membawa kelas ke dunia luar dan meminta siswa untuk mengamati media realita yang ada pada halaman sekolah dengan memanfaatkan waktu yang diberikan oleh guru untuk mengumpulkan bahan pembicaraan dengan cara menggunakan media tersebut untuk menentukan ide awal dari topik yang ingin dibicarakan dan dibuat dalam bentuk kerangka berbicara. Tiap siswa diberikan kesempatan untuk memilih sendiri media realita yang sesuai dengan topik yang diinginkan. Kemudian guru meminta siswa untuk kembali ke dalam kelas. Sebagai bentuk evaluasi, guru meminta siswa untuk maju satu persatu dan berbicara sesuai media realita yang dipilih dan guru menilai dengan menggunakan lembar penilaian berbicara yang telah disediakan sebelumnya. 2) peningakatan kemampuan berbicara setelah menggunakan media realita dapat dilihat dari perbandingan nilai siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai yang diperoleh siswa mencapai 1265 dengan rata-rata nilai 63, 25. Siswa yang mendapatkan nilai  65 sebanyak 11 siswa dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 63, 25 %. Setelah dilakukan pembelajaran berbicara menggunakan media realita dengan perencanaan yang lebih baik pada siklus II, ada peningkatan nilai menjadi 1560 dengan rata-rata nilai 79, 25%. Siswa yang mendapat nilai  65 sebanyak 18 siswa, maka ketuntasan hasil belajar siklus II telah meningkat menjadi 79, 25%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah: 1) diharapkan siswa lebih giat belajar dan berlatih membiasakan diri berbicara di depan orang banyak; 2) diharapkan guru lebih teliti dalam pemilihan media pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai; 3) sekolah dapat memberikan fasilitas atau media pembelajaran sebagai penunjang tercapainya pembelajaran berbicara yang lebih baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6108
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository