KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP SISTEM PENCERNAAN HEWAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA CHARTA DIKELAS II CAWU 1 SLTP NEGERI 1 AMBULU
Abstract
Dalam proses belajar mengajar ada tujuan yang harus dicapai yang
terdapat di dalam GBPP, yang dituangkan dalam Tujuan Pembelajara Umum.
Untuk mencapai tujuan dalam proses belajar mengajar diperlukan suatu perantara
yang disebut media yang diharapkan dapat membuat siswa menjadi lebih
memahami sub konsep yang diajarkan. Melihat pentingnya penggunaan media
maka hal tersebut penting diteliti untuk mengetahui Pemanfaatan charta terhadap
ketuntasan belajar siswa sub konsep yang diajarkan. Permasalahan yang dapat
dirumuskan adalah: bagaimanakah ketuntasan belajar siswa pada sub konsep
sistem pencernaan hewan di Kelas II A cawu 1 SLTP Negeri 1 Ambulu, penelitian
ini dilakukan 21 Agustus 2000 sampai dengan 12 September 2000. Analisis data
penelitian dari jawaban post tes menunjukkan bahwa persentase ketuntasan
belajar siswa secara klasikal adalah 87,5%, sedang yang belum tuntas 12,5% hasil
jawaban angket sebagai respon atau tanggapan siswa terhadap penggunaan charta
sangat disukai dan mereka lebih tertarik pada sub konsep yang diajarkan.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media charta
dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sub konsep yang diajarkan
dengan melihat basil persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang mencapai
87,5%.
Collections
- UT-Faculty of Law [6241]