PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI NATASHA SKIN CARE JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
a).pengaruh customer relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan
Natasha Skin Care Jember. b).pengaruh customer relationship marketing terhadap
loyalitas pelanggan Natasha Skin Care Jember. c). pengaruh kepuasan terhadap
loyalitas pelanggan Natasha Skin Care Jember. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen Natasha Skin Care Jember yang menjadi member Natasha Skin
Care baik pria maupun wanita. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah dengan metode purposive sampling bersyarat. Jumlah sampel adalah
sebanyak 120. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SEM.
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh
customer relationship marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan
Natasha Skin Care Jember di Kota Jember, maka dapat diambil beberapa
kesimpulan sebagai berikut: a).Customer relationship marketing berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen pada pada Natasha Skin Care Jember di
Kota Jember dengan arah positif. Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa
customer relationship marketing yang diberikan oleh Natasha Skin Care Jember
di Kota Jember telah mampu memenuhi harapan konsumen, sehingga konsumen
merasa puas atas customer relationship marketing yang diberikan oleh Natasha
Skin Care Jember. b).Customer relationship marketing berpengaruh signifikan
8
terhadap loyalitas konsumen pada pada Natasha Skin Care Jember di Kota
Jember dengan arah positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa customer
relationship marketing yang diberikan Natasha Skin Care Jember secara jangka
panjang telah mampu menciptakan loyalitas konsumen.c). Kepuasan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen pada pada Natasha Skin Care Jember di
Kota Jember dengan arah positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa apa yang
dirasakan oleh konsumen membuat konsumen menjadi loyal dan akan
menyampaikan rasa puasnya kepada orang lain atau saudara, tidak pindah ke
tempat perawatan yang lain, berani membayar lebih, komitmen pada tempat
perawatan dan tidak melakukan pertimbangan dalam pembelian ulang.